November 29, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

“Pendekatan Psikologi Positif pada Tatanan Dunia Baru (The New World Order)”

Kembali lagi Unika WIMA menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum Tahun Akademik 2020-2021 pada Jumat 13 November 2020. Kegiatan ini masih dalam rangkaian acara penyambutan mahasiswa baru TA 2020-2021. Kuliah umum yang diselenggarakan secara online dalam bentuk Website Seminar (Webinar) ini bertajuk Pendekatan Psikologi Positif pada Tatanan Dunia Baru (The New World Order)”.

Dr. Nurlaila Effendy, M.Si selaku narasumber adalah Ketua dari Asosiasi Psikologi Positif Indonesia (AP2I) menjelaskan bahwa psikologi positif merupakan studi tentang pendekatan baru untuk mempelajari emosi, ide, dan motivasi manusia yang berfokus pada meningkatkan kesejahteraan individu dan komunitas dengan tiga tujuan utamanya adalah have a pleasant life, have a good life, and have a meaningful life.

Dengan mengaplikasikan pendekatan psikologi positif dalam kehidupan sehari-hari ini diharapkan mahasiswa sebagai the agent of change dapat mengoptimalkan potensi yang ada dalam diri mereka untuk menghadapi tatanan dunia baru. Dengan adanya gejolak dunia karena pandemi covid-19 dan juga revolusi industri 4.0 mengharuskan mahasiswa memiliki mentalitas yang kuat, pantang menyerah, dan mampu melihat peluang. Pada akhir seminar beliau berpesan kepada para mahasiswa untuk memahami kekuatan positif (strengh) dirinya sehingga dapat mengaktualisasikan diri secara maksimal. Hindari sikap cepat berpuas diri dengan pencapaian saat ini dan teruslah menjadi pribadi yang selalu ingin belajar.