Visi Misi Universitas

Menjadi Universitas Katolik yang profesional, tangguh, dan humanis dengan semangat Non Scholae sed Vitae Discimus

 

Makna visi UKWMM adalah:
Profesional
Pengertian profesional mengacu pada pelaksanaan bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang mengarah pada kebenaran sejati, yakni membentuk insan utuh yang berdimensi rasional (pengetahuan interdisipliner)-emosional (kepekaan sosial)-moral (etika moral katolik)-iman religi melalui kepekaan terhadap sesama dan tugas-tugas kemanusiaan, kemasyarakatan, dan kebangsaan.

 

Tangguh
Pengertian tangguh adalah gigih dalam memperjuangkan kebenaran sejati, yaitu dengan mencari, menemukan, menyebarkan ajaran kristiani sebagai upaya untuk semakin menyadari bahwa dunia diciptakan Tuhan adalah demi sesama manusia (Nota Pastoral KWI 2013) dan untuk memuliakan Allah (Ex Corde Ecclesiae).

 

Humanis
Pengertian humanis adalah menjunjung tinggi (berdedikasi) terhadap martabat manusia dan memaknai hidup dengan semboyan non scholae sed vitae discimus-demi kemuliaan Allah dengan mengupayakan pengembangan pengetahuan, mengolah hati nurani, dan iman melalui dialog dan kerja sama lintas agama dan multikultural, serta keadilan sosial, khususnya kepada sesama yang menderita secara fisik (difabel), sosial, politis, geografis, dan rohani (option for the poor).

 

Non Scholae sed Vitae Discimus
Non Scholae sed Vitae Discimus” yang menjadi semboyan UKWMM berarti “kita belajar bukan hanya demi ilmu semata, melainkan demi kehidupan”. Dengan semangat Non Scholae sed Vitae Discimus ditekankan supaya orang belajar demi mencari makna hidup atau hidup yang bermakna (searching for meaning life).