0 4 min 3 mths

UKWMS – 22/3/2024) – Mengawali semester gasal, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) gelar Upacara Wisuda Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024. Sejumlah lulusan unggul dengan beragam prestasi berhasil menorehkan prestasi gemilang.

Beberapa dari mereka berkesempatan membagikan kisahnya dalam Konferensi Pers Wisudawan Berprestasi UKWMS, pada Jumat (22/3). Para wisudawan berprestasi Akademik Terbaik dan Aktif Berprestasi berkumpul di Ruang Widya Prajna – Widya Mandala Hall.

                “Sungguh saya bangga kepada para wisudawan yang telah menorehkan prestasinya bagi UKWMS, dan berkarya di masyarakat. Selamat berdinamika dan berdampak bagi masyarakat,” ujar Dr. F. V. Lanny Hartanti, S.Si., M.Si., Wakil Rektor III UKWMS dalam sambutannya.

Usia Bukan Hambatan untuk Terus Belajar

Salah satu semangat belajar ditularkan Lilik Indrawati, S.E., M.M., Wisudawan Akademik Terbaik Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Bisnis. Mengawali studi doktor di usia 48 tahun, bukan hambatan bagi Lilik hingga meraih IPK 3.95.

“Saya kebetulan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang doktor, butuh waktu bagi saya untuk bisa mengambil kesempatan ini. Usia tidak muda lagi dan kesempatan itu bisa diberikan kepada rekan sejawat yang lebih muda. Namun, usai berdiskusi dengan keluarga dan ini adalah penghargaan yang diberikan kepada saya, maka saya ambil,” terang Lilik.

Lilik yang berhasil menyelesaikan studi doktornya dalam tujuh semester, bahkan tak menyangka menjadi wisudawan Akademik Terbaik. Bagi Lilik, sebagai mahasiswa tidak boleh putus asa, berbagai ujian dilewati agar bisa menyelesaikan studinya dengan usaha yang terbaik.

Jalani Tiga Moda Perkuliahan dan Tetap Berprestasi

Kisah berkesan turut diungkap Jacqueline Queena Hendrian, wisudawan Akademik Terbaik dan Aktif Berprestasi Program Studi Ilmu Komunikasi. Menjadi penerima Beasiswa Keluarga dan Alumni, Jacqueline berhasil merampungkan studinya dengan beragam pengalaman berharga. Merasakan perkuliahan secara daring, hybrid hingga luring, tak melunturkan semangatnya.

“Walau merasakan tiga moda perkuliahan, tapi saya masih beruntung diberikan kesempatan untuk aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Sempat kesusahan ketika menjalankan program kemahasiswaan secara luring, namun kami harus beradaptasi dan menjadi lebih solid,” kisah Jacqueline yang pernah menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas tahun 2022-2023.

Tantangan masih dirasakan Jacqueline ketika menyelesaikan skripsi, yang ketika itu sedang bekerja sebagai Brand & Marketing Associate di salah satu perusahaan. Skripsi dituntaskannya dalam waktu tiga bulan, bahkan terpilih sebagai Skripsi Terbaik di Fakultas Ilmu Komunikasi. Perkuliahannya berhasil dituntaskan dengan IPK 3,95.

Raih Beragam Prestasi hingga Tingkat Internasional

Wisudawan berprestasi lainnya yakni Ivana Rudikan, meraih prestasi sebagai wisudawan Aktif Berprestasi. Ivana menyelesaikan studi sarjananya di Prodi Akuntansi Fakultas Bisnis UKWMS. Sebelum menyelesaikan studinya, Ivana lebih dulu menorehkan segudang prestasi membanggakan.

“Awal mula iseng ikut lomba akuntansi, ternyata menang. Sampai berlanjut ikut lomba di tingkat Nasional dan Internasional di Malaysia, dan beberapa kali menang. Dan berkesempatan mewakili UKWMS di Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi LLDikti Wilayah VII, hingga lolos sebagai finalis,” ucap Ivana.

Selain prestasi tersebut, Ivana juga aktif dalam beberapa organisasi sebagai Ketua Organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Akuntansi 2022/2023. Dan CPA Australian Student Brand Ambassador 2022/2023.

Pada Wisuda UKWMS Semester Gasal 2023/2024 ini, terpilih Wisudawan Akademik Terbaik sebanyak 25 orang, dan Wisudawan Aktif Berprestasi sebanyak 12 orang. (Red)