0 3 min 2 yrs

Pada edisi ke3 ini akan kami ceritakan kegiatan EIA 2022 di Kabupaten Madiun yang dilaksanakan tanggal 17 – 21 Agustus 2022 sesuai jadwal berlokasi di Desa Morang Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. Untuk cerita kedatangan dan aktivitas di Kampus dan Kota Madiun ada di EIA 2022 #1 dan EIA 2022 #2. Di sini kegiatan utamanya adalah memasang alat pengiris dan pengering porang. Tidak hanya memasang alat pengolahan porang, tetapi semua mahasiswa peserta lebih diterima secara kekeluargaan dan dilibatkan dalam kegiatan yang merupakan kearifan lokal desa Morang.

  1. Kegiatan pertama yang diikuti oleh peserta EIA adalah Upacara Penurunan Bendera pada tgl 17 Agustus 2022 di lapangan Kantor Kecamatan Kare. Setelah upacara selesai para peserta EIA berbaur dengan masyarakat dan perangkat Kecamatan Kare.
  2. Keesokan harinya 18 Agustus 2022 para peserta EIA diajak oleh Bapak Kepala Desa Morang Bapak Supriyanto untuk terlibat dalam kegiatan Bersih Desa dan kemudian peserta memanen dan membersihkan porang dan dilanjutkan rekondisi alat.
  3. Pun demikian pada tgl 19 September 2022, peserta EIA juga mengikuti kegiatan Bersih Desa pada Situs Punden di Desa Morang. Setelah kegiatan Bersih Desa selesai dilanjutkan sosialisasi alat kepada masyarakat Desa Morang. Agenda sosialisasi merupakan kegiatan EIA di Desa Morang bertujuan mengenalkan alat perajang porang dan pengering pada masyarakat Desa Morang. Selanjutnya kedua alat tersebut diserahkan kepada masyarakat Desa Morang untuk dapat didayagunakan dan dievaluasi apa saja yang masih dapat disesuaikan pada kedua alat tersebut. Sambutan baik dari masyarakat Desa Morang menambah semangat peserta EIA semakin berkobar untuk dapat terlibat lebih mendalam.
  4. Pada tgl 20 September 2022 peserta EIA diajak oleh Ibu Kepala Desa beserta PKK Desa Morang untuk mengunjungi UMKM yang ada di Desa Morang. Beberapa UMKM yang dikunjungi adalah UMKM telur asin, UMKM jamur tiram, UMKM sambal pecel dan kebun PKK Desa Morang. Setelah selesai berkunjung ke UMKM, para peserta EIA melakukan evaluasi tentang alat perajang dan pengering porang untuk upaya-upaya perbaikan dan peningkatan fungsi dari alat tersebut.
  5. Pada hari berikutnya, yaitu tgl 21 Agustus 2022, di Balai Desa Morang dilaksanakan acara penutupan kegiatan EIA di Desa Morang yang dihadiri oleh Bapak Camat Kare, Bapak Kepala Desa Morang beserta perangkat dan Ibu Kepala Desa beserta PKK, Wakil Dekan II FT-UKWMS Ibu Wenny Irawaty dan seluruh peserta EIA.

Walaupun begitu Agenda EIA tidak berhenti pada tgl 21 Agustus 2022 tetapi masih berlanjut hingga bulan Februari 2023. Tunggu kabar kami selanjutnya ya…. Video kemeriahannya dapat dichek di universitas