0 2 min 2 yrs

Engineers in Action (EIA) adalah agenda tahunan antara Fakultas Teknik UKWMS Indonesia dengan NTUST Taiwan. Berita EIA 2022 #1 sebelumnya menceritakan jadwal aktivitas dan daerah tempat mereka akan berkegiatan. Seperti yang kita ketahui, aktifitas di kota Madiun dilaksanakan tanggal 14 – 16 Agustus 2022.

Yang dilakukan adalah :

  1. Pemasangan earthquake detector di UKWMS Kampus Kota Madiun dan Balai Kota Madiun. Seperti kita ketahui bahwa Earthquake Detector adalah alat yang berfungsi sebagai pendeteksi gempa. Alat ini akan memberikan warning dan data tentang profil gempa yang sedang terjadi.
  2. Pemasangan air quality monitor di kantor Kecamatan Taman dan Balai Kota Madiun. Air quality monitor berfungsi sebagai alat monitor kualitas udara yang akan memberikan data mengenai kualitas udara dan lingkungan Kota Madiun.
  3. Tidak hanya memasang alat, mereka juga melakukan pengecekan dan evaluasi beberapa hari kemudian untuk melihat apakah alat-alat tersebut berfungsi dengan baik.

Dengan dipasangnya kedua alat ini diharapkan dapat membantu tugas otoritas terkait untuk memonitor, mengukur, dan mengevaluasi guna menentukan langkah-langkah selanjutnya sebagai antisipasi jika terjadi gempa dan menjaga lingkungan sekitar kita. Untuk selanjutnya efektifitas alat ini akan dilihat Februari 2023 mendatang. Yuhuuuu… ketemu lagi….

Ternyata mahasiswa Surabaya, mahasiswa Madiun, mahasiswa Taiwan mudah akrab ya. sudah tidak ada kesulitan bahasa, budaya, bahkan teknologi.

Cerita seru kegiatan EIA 2022 di Kabupaten Madiun dapat dilihat di EIA #3 .