October 22, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Program Pengenalan Kampus (PPK) WIMA 2020

Kali ini di tahun 2020, Sosialisasi Pengenalan Kampus (SOPANKA) WIMA dilaksanakan dengan menggunakan istilah Program Pengenalan Kampus (PPK) mengikuti kampus utamanya. Dan kali ini pula PPK diselenggarakan secara full online. Program Pengenalan Kampus yang berlangsung selama 4 hari ini sudah dipersiapkan secara matang selama kurang lebih satu bulan dalam masa-masa Pra-PPK. Calon mahasiswa baru diberi tugas-tugas harian sementara panitia PPK menyiapkan materi online PPK.

Sungguh pengalaman baru yang luar biasa. Selama 4 hari berturut-turut Mahasiswa Baru  diwajibkan menghadiri, menyaksikan, dan berinteraksi satu dengan yang lain melalui media internet. Terima kasih untuk aplikasi Bella, Zoom, dan You Tube yang mensupport kegiatan PPK dari awal sampai akhir. Yang menarik adalah kegiatan ini dipadatkan menjadi berdurasi 2-3 jam setiap harinya. Kegiatan dipersingkat dengan alasan agar tidak terlalu membebani mahasiswa baru dengan biaya kuota, juga untuk efektifitas, serta menghindari kebosanan sehingga mahasiswa baru tetap fokus mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir.

adapun kegiatan di dalam 4 hari tersebut adalah

  1. Hari pertama adalah Opening yang berisi sambutan rektor mengenai tema, pengenalan Universitas, pengenalan dan tugas-tugas Senat Universitas  
  2. Hari kedua sudah mulai dimasukkan dalam grup-grup kecil untuk mendapat sambutan Dekan dan Fakultas dan mengenal fakultas masing-masing 
  3. Hari ketiga adalah masuk grup yang lebih kecil lagi untuk mendapat sambutan Program Studi dan perkenalan secara intensif antara staf, mahasiswa, dan mahasiswa baru beserta materi tambahan tips and trick literacy
  4. Hari keempat adalah Closing yang dipusatkan kembali dengan pusat. Closing berisi penutupan oleh Rektor dan kesan pesan dari mahasiswa baru yang dilakukan secara interaktif.

Sungguh pengalaman baru yang luar biasa. Mahasiswa baru yang hebat, aktif, dan asertif. Dalam sesi tanya jawab atau kesan pesan beberapa mahasiswa baru berkomentar bahwa PPK berjalan seru meski tidak harus hadir secara fisik, mengapresiasi sambutan dan keterlibatan Rektor dalam menyambut mahasiswa baru, dan ketidaksabaran mereka untuk segera datang ke kampus dan kuliah secara normal. Mau seperti mereka? Di sini tempatnya!

Afterall, We’re proud of You. Selamat Datang Mahasiswa Baru… Semoga Diberkati Tuhan selama belajar di WIMA, menikmati proses,  dan tercapai apa yang dicita-citakan. Amin.