October 21, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Webinar “Peran Insinyur Manajemen di Organisasi Produktif

Masa pandemi yang masih terus berlangsung sedikit banyak mengganggu proses pendidikan. Namun demikian pendidikan dan persebaran ilmu tidak boleh berhenti. Digitalisasi pendidikan mulai banyak diterapkan, termasuk di Prodi Rekayasa Industri Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun yang mengadakan rangkaian seri
webinar.

Webinar yang pertama telah diadakan dan terlaksana dengan lancar pada hari Kamis, 16 Juli 2020. Webinar yang mengambil tema Peran Insinyur Manajemen Sebagai Agen Peradaban Organisasi Produktif ini dibawakan oleh narasumber Dr. Ir. Petrus Setya Murdapa, S.T., M.Eng. Beliau ialah dosen aktif di Prodi Rekayasa Industri Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun.

Inti materi webinar yang pertama ini adalah tentang keilmuan rekayasa industri yang mendidik mahasiswa untuk memiliki kemampuan sistemik dengan penguasaan keteknikan sekaligus manajerial agar mampu mengelola organisasi produktif sehingga organisasi yang dipimpinnya dapat terus bertumbuh mengikuti peradaban.

Secara rinci, pokok materi yang disampaikan pada webinar pertama ini adalah:

  1. Organisasi produktif adalah organisasi yang terus berkembang dan bertumbuh.
  2. Permasalahan keorganisasian dan manajemen umumnya adalah lemahnya wawasan sistemik yang belum terintegrasi.
  3. Kunci Peradaban organisasi yang baik tergantung leadjer (leader-manajer) dan subleader.
  4. Insinyur manajemen memiliki pemahaman sistemik, leadership dan manajemen modern.
  5. Dalam rekasaya industri mengajarkan ilmu-ilmu untuk menjadi seorang insinyur manajemen.

Dari materi webinar ini, dapat disimpulkan bahwa rekayasa industri mencetak para insinyur manajemen yang memiliki kemampuan sistemik dalam membangun peradaban organisasi produktif.

Shanas Galih
Delva (17/07/2020)

Source: Teknik Industri