October 23, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

SOPANKA 2018

Kegiatan Sosialisasi Kehidupan Kampus (Sopanka) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh semua calon mahasiswa baru universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Dalam kegiatan sopanka calon mahasiswa baru diperkenalkan seputar Visi dan Misi Universitas, administrasi akademik, kegiatan-kegiatan mahasiswa, dan informasi-informasi lain terkait dengan layanan-layanan serta beberapa fasilitas yang ada.

Kegiatan sosialisasi kehidupan kampus tahun akademik 2018-2019 dilaksanakan mulai tanggal 14 Agustus 2018 sampai dengan 18 Agustus 2018. Adapun tema sopanka 2018 adalah “Aku Siap menjadi Generasi Berkarakter”. Melalui tema ini, diharapkan calon mahasiswa baru Unika Widya Mandala Madiun dapat dipersiapkan menjadi generasi yang memiliki karakter unggul seperti bertanggung jawab dan beretika. Tema tersebut diangkat sebagai bentuk kecemasan akan semakin melorotnya pendidikan karakter di dunia pendidikan.

Kegiatan Sopanka tahun 2018 diikuti oleh 189 mahasiswa baru yang terdiri atas sepuluh program studi yang ada di Wima Madiun. Sopanka 2018 dimulai dengan acara pembukaan yang dipimpin langsung oleh Ibu Dra. Fransisca Mudjijanti, M.M. selaku Rektor Unika Widya Mandala Madiun. Dalam sambutan Rektor Unika Widya Mandala disampaikan ucapan selamat datang bagi calon mahasiswa baru dan juga wejangan bagi calon mahasiswa baru untuk mulai mengubah pola kebiasaannya berkaitan dengan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa. Setelah sambutan, Ibu Rektor melakukan penyematan ID Card kepada perwakilan calon mahasiswa baru yang kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda bahwa sopanka 2018 resmi dibuka.

Sesi pertama sopanka 2018 diisi dengan materi jati diri Widya Mandala yang meliputi sejarah, visi, dan misi Universitas Widya Mandala Madiun yang dibawakan oleh Bapak Lourensius Anang W, ST., MT. Pada sesi ini calon mahasiswa baru diperkenalkan sejarah berdirinya Universitas dan siapa yang terlibat dalam pendirian Universitas ini. Selain itu, calon mahasiswa baru juga diperkenalkan Lagu Hymne Widya Mandala Madiun serta lambang/logo Universitas.

Disela-sela sesi dilaksanakan ice breaking  yang dipandu oleh teman-teman Panitia, dengan menari, bermain bersama untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa ngantuk.

Sesi ke dua diisi dengan informasi akademik yang disampaikan oleh Ibu Dra. Ch. Endang Purwaningsih, M,Si. (Wakil Rektor I) dan didampingi oleh Kepala Biro Administrasi Akademik (Bapak Hendra), Plt. Kepala Perpustakaan (Bapak Wandi), Kepala Biro Pusat Informasi dan Komunikasi (Ibu Dian), Kepala Lab. Komputer (Bapak Hari Mintangtono). Dengan adanya materi yang disampaikan tersebut, diharapkan mahasiswa memperoleh informasi terkait dengan info bidang akademik, perpustakaan, dan laboratorium komputer.

Sesi ke tiga merupakan sesi yang berisi tentang tema sopanka 2018 yaitu “Generasi  Berkarakter” yaitu tentang tanggung jawab. Pemateri dalam sesi ini merupakan alumni Unika Wima Madiun yaitu Bapak Drs. Sadirin, M.Pd. yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sekolah SMK PGRI Wonoasri Kab. Madiun.

Sesi ketiga merupakan sesi akhir dari seluruh rangkaian sopanka hari pertama. Setelah itu, kegiatan sopanka ditutup dengan pengumuman tugas-tugas yang harus dilakukan pada hari kedua.