October 22, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

RAPAT KERJA (RAKER) YAYASAN WIDYA MANDALA MADIUN (Susteran MC, Madiun; 28 November s.d. 29 Nobember 2016)

Dalam rangka proses penyusunan perencanaan jangka panjang atau Rencana Induk Pengembangan (RIP) (15 tahunan) dan Rencana Strategis (Renstra)  (5 tahunan), Yayasan Widya Mandala Madiun (YWMM) mengadakan rapat kerja (Raker) melibatkan berbagai stakeholders, yang meliputi: Pengurus Yayasan, Perwakilan dari Keuskupan Surabaya: Romo Vikjen (RD. Agustinus Tri Budi Utomo) dan Romo Vikep Madiun (RD. Alphonsus Boedi Prasetijo);  Pemerhati Dunia Pendidikan (RD. Adrianus Akik Purwanto, RD. Skolastikus Agus Wibowo, Drs. Sadirin, MPd, Bapak Drs. JH. Budi Santoso, M.Pd.); Biara Ursulin (Sr. Yovita Tiwang, OSU, dan Sr. C. Fitri Murniati, OSU); Perwakilan RS. St. Clara Madiun (Sr. Yosina, MC); Rektor dan perwakilan dari Unika Widya Mandala Madiun; Direktur dan perwakilan ASM Widya Mandala Madiun; Ketua STKIP WINA (Dr. Ola Rongan Wilhelmus); dan Perwakilan Alumni UKWMM. Berbagai pihak ini dilibatkan dengan harapan dapat memberikan input bagi tim penyusun RIP dan Renstra YWMM. Peserta yang hadir berjumlah 31 orang. Raker tahap I diadakan selama dua (2) hari yaitu Senin tanggal 28 November sampai dengan Selasa tanggal 29 November 2016, bertempat di Susteran MC (Misionaris Claris) Jl. Mundu 27 Madiun. Untuk Raker YWMM tahap II akan diadakan sebagai tindak lanjut Raker tahap I, yang direncanakan pada hari Jumat, 9 Desember 2016, dengan mendatangkan Ketua Yayasan Unpar Bandung, Prof. Dr.  B.S. Kusbiantoro.

Pengumpulan data dan informasi dalam raker ini, dilakukan dengan menggunakan teknik FGD (Focus Group Discussion) dimana peserta dibagi dalam tiga (3) kelompok, yaitu kelompok “Visi Misi Tujuan Sasaran”; kelompok “Strength Weakness Opportunity Threat”, dan kelompok “Isu Strategis dan Pengembangan”. Sebelum acara dinamika dan diskusi kelompok, sesi pembuka raker adalah penyampaian tujuan dan target diadakan raker oleh ketua SC sekaligus Wakil Ketua Yayasan Widya Mandala Madiun (RD. Y. Fusi Nusantoro, S.S.) dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang: Ex Corde Ecclesiae dan tata kelola Yayasan Widya Mandala Madiun (RD. Y. Fusi Nusantoro, S.S.); Nilai-nilai spiritualitas pendiri (Sr.  Jovita Tiwang, OSU); Tantangan Tata Kelola Perguruan Tinggi Swasta dalam Era Asean Economic Community (AEC) (Dra. Fransisca Mudjijanti, Rektor Unika Widya Mandala Madiun); dan sharing hasil penelitian dari dosen Prodi Manajemen Unika Widya Mandala Madiun tentang: Kepuasan mahasiswa tentang pelayanan pendidikan & Kepuasan Kerja Dosen dan Tenaga Kependidikan  (Dra. Dyah Kurniawati, M.Si, dan Veronika Agustini S., SE., M.Si.)

Pada raker tahap I menghasilkan data dan informasi yang berguna bagi penyusunan RIP YWMM 2017-2032 dan Renstra YWMM 2017-2022 yaitu:

  1. Rumusan Visi YWMM 2017 – 2032, uraian pilar Misi Tujuan dan Sasaran YWMM 2017– 2032; indentifikasi core value yang dirumuskan berdasarkan rumusan visi YWMM yaitu: cerdas, humanis, reflektif, dan kontekstual. Untuk semboyan ditetapkan berdasarkan yaitu: Non Scholae Sed Vitae Discimus; serta motto yang ditetapkan adalah” Be Serious about Your Future and Your Character
  2. Analisis diagnostik atas kondisi internal dan kondisi eksternal (SWOT Anaysis) YWMM (analisis SWOT YWMM) berdasarkan bahan-bahan raker dan materi presentasi narasumber.
  3. Isu-isu strategis yang dapat dijadikan masukan dalam penyusunan RIP YWMM 2017-2032 dan Renstra YWMM 2017-2022.

Raker tahap I berakhir pada Selasa 29 November 2016, jam 14.00, diakhiri dengan penutupan dan ucapan terima kasih atas sumbang saran peserta raker selama raker berlangsung oleh Ketua Yayasan Widya Mandala Madiun (RD. Drs FX. Hardi Aswinarno, M.A).

Dalam rangka proses penyusunan perencanaan jangka panjang atau Rencana Induk Pengembangan (RIP) (15 tahunan) dan Rencana Strategis (Renstra)  (5 tahunan), Yayasan Widya Mandala Madiun (YWMM) mengadakan rapat kerja (Raker) melibatkan berbagai stakeholders, yang meliputi: Pengurus Yayasan, Perwakilan dari Keuskupan Surabaya, Pemerhati Dunia Pendidikan, Rektorat, dan Direktur ASM Widya Mandala Madiun dan Perwakilan Alumni UKWMM. Berbagai pihak ini dilibatkan dengan harapan dapat memberikan input bagi tim penyusun RIP dan Renstra YWMM. Peserta yang hadir berjumlah 31 orang. Raker tahap I diadakan selama dua (2) hari yaitu Senin tanggal 28 November sampai dengan Selasa tanggal 29 November 2016, bertempat di Susteran MC (Misionaris Claris) Jl. Mundu 27 Madiun.