October 23, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Biology on Experiment Pembuatan energi alternatif “ARANG DARI BAMBU” ramah lingkungan HMPS BIOLOGI WIMA

Pembuatan energi alternatif merupakan kegiatan program kerja HMPS Biologi WIMA. Bentuk dari kegiatan ini adalah mengaplikasikan ilmu biologi dalam pelatihan dan pembuatan energi alternatif dari bahan lain yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan soft-skills mahasiswa Biologi WIMA dalam kemampuan bekerja secara kelompok dan memanfaatkan hasil alam seperti bambu untuk dijadikan pengganti energi alternatif ramah lingkungan. Biology on Experiment kali ini adalah pembuatan energi alternatif “arang dari bambu” ramah lingkungan.

Arang bambu (bamboo charcoal) adalah produk padat (solid) yang menggunakan bahan baku bambu melalui proses karbonisasi pada suhu tinggi atau yang dikenal dengan Pyrolisis yakni pembakaran yang
bertujuan untuk menghilangkan kadar air, sekaligus menjadikan bambu sebagai material karbon aktif. Arang bambu banyak sekali manfaat dan kegunaannya, selain untuk bahan bakar, juga sebagai produk kesehatan yaitu sebagai obat untuk menurunkan kolesterol, sekarang ini arang bambu digunakan sebagai produk kecantikan, salah satunya dijadikan sebagai Skincare Bamboo Charcoal, untuk masker jerawat, untuk dijadikan sabun arang bambu.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Rabu-Kamis, 4-5 Maret 2020 di Green House Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun, dengan acara pembuatan energi alternatif  “arang dari bambu” ramah lingkungan. Waktu pembuatan arang ini butuhkan waktu 5-6
jam untuk pembakarannya. Kegiatan ini dibimbing oleh bapak Drs. Leo Ganjari Eladisa, M.Si. dan diikuti oleh mahasiswa Biologi.
arang bambu yang sudah jadi

Source: Biologi