Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Indonesia di RRI Madiun

Acara Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia di RRI Madiun, Senin (2/10) pukul 20.00 WIB kembali menghadirkan narasumber dari perwakilan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam siaran kali ini topik yang dibahas sangat menarik yakni Pemerolehan Bahasa Pertama yang disampaikan oleh Diani Febriasari M.Pd., dan Dra. Rustiati, M.Hum. Adapun dua mahasiswa PBSI juga berkesempatan untuk menjadi narasumber yakni Sisilia Nunggal Sihesti dan B. Basilia Esi.

Proses pemerolehan bahasa adalah proses pemilikan kemampuan berbahasa secara alamiah. Proses pemerolehan bahasa memiliki beberapa karakteristik, antara lain (1) berjalan secara spontan, tanpa sadar, dan tanpa beban, (2) terjadi secara langsung dalam situasi informal, (3) didorong oleh kebutuhan, (4) berlangsung secara terus menerus, dan (5) diperoleh secara lisan melalui menyimak, mendengarkan, dan berbicara. Bahasa yang pertama kali dipelajari dan dikuasai oleh seorang anak bisa hanya satu bahasa atau dua bahasa secara bersamaan sedangkan dikatakan bahasa kedua adalah bahasa yang dikuasai anak setelah menguasai bahasa pertama. Dalam hal ini, kecepatan dan kefasihan perkembangan bahasa satu anak dan anak yang lain tidaklah sama. Faktor biologis, lingkungan sosial, intelegensi, dan motivasi sangat memengaruhi pemerolehan bahasa anak. Pemberian motivasi dari lingkungan sosial sangat berarti bagi anak untuk membuatnya kian bergairah berbahasa.
Dengan adanya acara ini diharapkan dapat menginspirasi dan membuka wawasan pendengar setia RRI Madiun. Terlepas dari itu, pengalaman menjadi narasumber adalah pengalaman baru yang berharga bagi mahasiswa PBSI.


Source: PBSI