Biology on Experiment

All News Berita

Biology on Experiment merupakan suatu kegiatan yang termasuk dalam program kerja HMPS Biologi WIMA. Bentuk dari kegiatan ini adalah mengaplikasikan ilmu biologi dalam hal pembudidayaan dan pelatihan yang memiliki tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan soft skill mahasiswa biologi dalam kecintaannya terhadap alam dan kemampuan bekerja secara kelompok. Biology on Experiment kali ini diisi dengan kegiatan penanaman tanaman dengan media hidroponik.

Hidroponik (hydroponic) sendiri merupakan suatu istilah dari bahasa Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidroponik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam.

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari Senin, 27 Maret 2017 di Laboratorium Green House Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, dengan acara penanaman kangkung pada media hidroponik. Kangkung dipilih karena merupakan tanaman yang memiliki kemampuan tumbuh dalam waktu cepat dan serempak. Hanya dalam waktu 4-6 minggu setelah benih, kangkung sudah dapat dipanen dan dinikmati. Kegiatan ini dibimbing oleh Karlina Purbasari, M.Sc. sebagai dosen pembimbing dan diikuti oleh pengurus HMPS dan mahasiswa/i Biologi.

Setelah kurang lebih 2 minggu kegiatan, Selasa 11 April 2017 panen perdana dilakukan oleh Dosen dan para mahasiswa di Green House Biologi, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Panen perdana kali ini merupakan komoditas kangkung yang merupakan jenis kangkung berdaun sempit. Hasil panen dibagikan kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan soft skill mahasiswa biologi dalam kecintaannya terhadap alam dan kemampuan bekerja secara kelompok.

Ayooo, Hidup Sehat ! Mari Makan Sayur ! (Angga)

Bagikan ke sosial media