0 3 min 5 mths

Pada tanggal 16 September 2023, untuk kesekian kalinya telah dilaksanakan Upacara Wisuda Doktor, Magister, Sarjana, dan Ahli Madya untuk semester Genap Tahun Akademik 2022/2023 di Ballroom Auditorium Widya Mandala Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. UKWMS Kampus Kota Madiun mendapat jadwal Batch 2 yang dimulai jam 14.00 hingga selesai jam 16.45.

Pada kesempatan wisuda kali ini, dari 546 wisudawan dari Madiun berangkat 80 wisudawan dari 89 mahasiswa yang lulus pada semester genap ini. Wisudawan beserta orang tua dan pendamping berangkat dari Kampus Kota Madiun jam 9.00 supaya dapat mempersiapkan diri lebih baik sebelum memasuki Ballroom. Tampak wajah sumringah dan bahagia dari para wisudawan dan pendamping dalam balutan busana special mereka sebelum berangkat.

Upacara Wisuda kali ini menjadwalkan orasi ilmiah dari Dr. Carina Citra Dewi Joe, perempuan muda asal Indonesia yang menjadi peneliti senior sebagai salah satu penemu dan pemilik paten Vaksin Covid-19 AstraZeneca. Selain menyampaikan hasil penelitiannya, Carina memberikan ucapan dan pesan sesuai nilai pribadi kepada Wisudawan: “Selamat kepada seluruh wisudawan UKWMS. Jangan pernah berhenti belajar, miliki passion karena hal itu akan kita lakukan seumur hidup. Didukung ketekunan dan karakter yang baik, pasti akan menghasilkan satu dampak baik untuk Masyarakat,”. Hal ini rupanya selaras dengan nilai Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) sebagai perguruan tinggi unggulan bahwa tiada kata berhenti dalam belajar dan setuju akan proses belajar sepanjang hayat.

Carina berhasil menuntaskan studi master dan doctor dalam bidang Bioteknologi di RMIT University, Australia. Dan mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan Oxford University. Mendengar munculnya wabah Covid-19 di Wuhan, Carina bersama timnya segera melakukan penelitian untuk menemukan vaksin yang tepat. Bekerja 16-18 jam per hari, tujuh hari seminggu, Carina dan tim berjibaku selama 358 hari guna menghasilkan formula yang tepat dan bisa digunakan pada manusia. Satu contoh dan wacana luar biasa bagi mahasiswa Program Studi Biologi mengenai peluang dan kesempatan berkarir yang mungkin belum terbayangkan sebelumnya menjadi ahli sehebat itu, alih-alih‘awang-awangen’ menghapalkan nama-nama ilmiah dalam Bahasa Latin. Tentu saja disertai usaha, ketekunan, dan kerja keras.

Dan dari kampus Madiun, ada 9 Wisudawan dengan nilai akademik terbaik dan 4 Wisudawan Aktif Berprestasi selama mereka menjadi mahasiswa. Beberapa diantaranya ialah Nadia Octavia wisudawan FKIP yang karena kecintaanya pada Bahasa membawanya pada topik skripsi tentang analisis kesalahan berbahasa. Serta, ada Alfriza Divra Rizky dari Fakultas Bisnis yang merupakan Angkatan terakhir penerima Beasiswa APTIK – Misereor Jerman tahun 2019. Bersama timnya, Alfriza bahkan termasuk dalam salah satu penerima Hibah Internal Kewirausahaan Mahasiswa UKWMS. Serta tidak kalah menariknya adalah prestasi Taranggono Ki Purusadu dan tim termasuk Justinus Saguruwjuw keduanya dari Fakultas Psikologi pernah mendapatkan Hibah PKM Kemendikbud Diktiristek tahun 2022 atas perhatiannya kepada Lansia.

Selamat kepada Wisudawan Wisudawati, selamat berkarya dan bertarung di kehidupan sesungguhnya tidak hanya di laboratorium.  Tuhan memberkati.