0 2 min 11 mths

Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Madiun, Jawa Timur menggelar seleksi Duta Pariwisata dan Batik 2023 guna menjaring kaum muda menjadi lebih aktif dalam dunia kepariwisataan serta mampu menjadi ujung tombak perkembangan dan promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Madiun. Output dari pemilihan Duta Pariwisata tersebut adalah mengenalkan potensi wisata dan budaya batik di wilayah setempat dapat lebih intensif sehingga dikunjungi wisatawan.

Satu yang menjadi kebanggaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Kampus Kota Madiun adalah finalis yang dinobatkan menjadi Duta Batik Putri ialah mahasiswa Program Studi Biologi UKWMS Kampus Kota Madiun.

Ia mengikuti seluruh proses seleksi yang ditentukan meliputi seleksi administrasi, seleksi tertulis, dan wawancara di Pendopo Ronggo Djoemeno, Mejayan, Kabupaten Madiun bersaing dengan 100 peserta lain. Pelaksanaan seleksi tulis sendiri mencakup tes tulis pengetahuan umum, sedangkan seleksi wawancara terkait dengan pengetahuan berbahasa Inggris, batik, dan pariwisata.

Saat tahap final akan dipilih dua pemenang yakni Duta Pariwisata dan Duta Batik Kabupaten Madiun. Pemenang seleksi Duta Pariwisata nantinya mewakili Kabupaten Madiun di ajang Raka dan Raki Jawa Timur 2023.

Pada hari Sabtu Malam, tanggal 20 Mei 2023 bertepatan Hari kebangkitan Nasional ke 115, Bupati Madiun H. Ahmad Dawami Ragil Saputro membuka acara Grand Final “Duta Wisata Kabupaten Madiun Tahun 2023” bertempat di Pendopo Ronggo Djumeno, Aloon-aloon Caruban.

Ada 20 finalis yang masuk Grand Final. Mereka yang terbaik dari yang terbaik dengan tim penilai dari luar wilayah Kabupaten Madiun adalah Kangmas-Nimas Kabupaten Madiun 2023 jatuh pada Ilham Ananda W (SMK PGRI 1 Mejayan) – Luh Andana Warih (SMAN 1 Geger) sedangkan untuk Duta Batik Kabupaten Madiun 2023 jatuh pada Reyhan Aqna LP (SMAN 2 Mejayan) dan Ratna Kusuma Dewi (UKWMS Kampus Kota Madiun).

Proficiat untuk Ratna Kusuma Dewi dan prodi Biologi atas prestasinya. Teruslah maju mengembangkan potensi dan bakat bersama membawa nama harum almamater.