0 2 min 1 yr

Jaman dahulu krokot, sering diidentikkan dengan makanan jangkrik. Krokot merupakan tanaman liar. Banyak orang yang belum mengerti bahwa krokot ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk minuman yaitu teh krokot. Teh krokot ini ternyata memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal, diantaranya sebagai penurun tekanan darah, anti kolesterol, dan anti kanker karena kandungan antioksidan yang tinggi. Serta tentu saja menyegarkan.

Program Studi Biologi, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun, mengadakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan pembuatan teh krokot. Pelatihan pembuatan teh krokot dilaksanakan pada 9 September 2022, mulai jam 09.00 – 12.00. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMAK Bonaventura Madiun dan diikuti oleh 112 siswa.

Dari 112 siswa dibagi dalam 12 kelompok. Tiap kelompok melakukan proses lengkap dari mulai proses pemotongan tanaman krokot, pengeringan dan sampai tahap akhir pengemasan. Setiap kelompok didampingi oleh mahasiswa dalam proses pembuatan teh krokot.

Setelah selesai kegiatan, pertemuan diakhiri dengan acara minum teh krokot bersama-sama. Setiap kelompok membawa pulang teh krokot olahan sendiri ini.

packaging

Ide apalagi untuk kegiatan selanjutnya ya? sabun sereh dong…