Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun, memiliki kegiatan KKN yang telah dilaksanakan secara rutin setiap semester. Yang unik pada tahun ini, dibentuk tim dan disebut sebagai KKN Merah Putih UKWMS Kampus Kota Madiun. Merah Putih sebagai simbol “perjuangan”. Perjuangan pertama adalah perjuangan untuk cepat lulus karena jadwal KKN yang dipercepat mengambil timing libur panjang akademik. Perjuangan kedua adalah perjuangan mahasiswa khususnya dan UKWMS Kampus Kota Madiun umumnya untuk berkolaborasi dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan pembangunan kota. “Hal ini sebagai wujud nyata UKWMS Kampus Kota Madiun membantu program Wali Kota Madiun membantu dan mengembangkan Lapak UMKM masyarakat Madiun agar perekonomian kembali pulih,” jelas Robik Anwar, selaku Ketua Panitia KKN Merah Putih dan Dosen Fakultas Psikologi UKWMS Kampus Kota Madiun.

KKN Merah Putih pertama ini mengambil tema “Melalui KKN kita berinovasi mengembangkan potensi masyarakat guna mendukung peningkatan pembangunan daerah”. KKN Merah Putih dilaksanakan secara hybrid, yakni secara daring dan luring pada 13 Juni – 12 Juli 2022. KKN Merah Putih wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil program studi S-1, yang secara total berjumlah 71 orang terbagi dalam 8 kelompok. Tiap kelompok didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk melakukan analisis masalah dan mencari solusi yang tepat hingga terlaksana dengan baik.

Tempat KKN adalah lapak UMKM yang menjadi fokus pembangunan tahun ini. Delapan kelompok ini ditempatkan di 8 Lapak UMKM Kota Madiun, diantaranya Lapak Kampir, Semendung, Taman, Obor, Pesona, Joglo Palereman, Simpang Lima Bunderan. Sedangkan 1 kelompok bertempat kegiatan di Kalimantan. Program KKN Merah Putih memiliki program individu dan program kelompok.  Tiap mahasiswa wajib melakukan dua program individu yang sesuai dengan bidang keilmuan, kemudian tiga program kelompok. Program Edukasi Penanggulangan Dampak Covid-19 yang dilakukan secara berkelompok, memiliki 3 proker yang wajib dilaksanakan; Tahap 1 Pembagian Masker, Tahap 2 Promosi Kesehatan Pola Hidup Sehat Fisik dan Mental, Tahap 3 Inovasi Lapak UMKM.

KKN Merah Putih yang dilaksanakan secara luring ini tentunya membuat mahasiswa kembali bersemangat, karna dapat berinteraksi serta menambah berbagai pengalaman. “Senang dan antusias karena ilmu yang dipelajari di kampus dapat di implementasikan kepada masyarakat dan lingkungan,” ujar Stevani Ayu mahasiswa Program Studi Akuntansi mengenai Program KKN Merah Putih. “Kami senang proker kami berjalan dengan lancar, dan kami juga aktif berdiskusi dengan masyarakat. Semoga ke depan program KKN terus berjalan agar dapat bermanfaat bagi orang banyak,” ujar Taranggono Ki Purusadu mahasiswa Program Studi Psikologi.