Kuliah umum merupakan kegiatan akademik tahunan yang diselenggarakan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Kampus Kota Madiun.  Peserta Kuliah Umum Perdana diwajibkan untuk mahasiswa baru. Kuliah umum perdana tahun Akademik 2021-2022, diselenggarakan oleh Program Studi  Biologi dan D3 Farmasi, tanggal 02 Oktober 2021,  mengambil  tema “Potensi Bahan Alam sebagai Sumber Obat”

Indonesia memiliki kekayaan alam dengan megabiodiversitas yang perlu diperhitungkan dunia. Namun potensi alam ini belum semuanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia secara optimal. Untuk itu kita semua perlu menyebarluaskan informasi hasil budaya masyarakat dan penelitian ilmiah pemanfaatan potensi bahan alam, yang salah satunya potensial sebagai sumber obat .

Pemaparan Apt. Arif Wijayanto, S.Farm,  M.Farm.

Sebagai narasumber 1  kuliah perdana yaitu Apt. Arif Wijayanto, S.Farm,  M.Farm., (Dosen Prodi Farmasi, Fakultas FAKAR, Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Strada, Kediri) dengan makalah berjudul “Bahan Herbal sebagai Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional “, dan sebagai narasumber 2 , Drs Agus Purwanto, M.Si (Dosen Prodi Biologi, Fakultas FTP,  UKWMS Kampus Kota Madiun) dengan makalah berjudul “Potensi Tanaman Asli Indonesia sebagai Sumber Obat”. Selaku moderator ialah Apt. Pulung Prabowo, M.Farm (Dosen Farmasi Diploma 3 UKWMS Kampus Kota Madiun). Kuliah Umum Perdana, dilaksanakan secara daring, dihadiri oleh Wakil Rektor IV, Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Koordinator Bidang Akademik, semua Ketua Program Studi, mahasiswa baru dan mahasiswa senior. Peserta yang  mengikuti acara tersebut berjumlah 134 peserta. Materi yang sungguh menarik. Jika ingin kepo-kepo mengenai isi dari kuliah umum perdana ini dapat disimak  di https://www.youtube.com/watch?v=dm9FY_XVSB4