Lembaga Penelitian

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP3M) sebagai salah satu unsur pelaksana akademik bertugas membantu pelaksanaan fungsi dan tugas utama Universitas dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Secara konseptual dan operasional membantu Universitas dalam merumuskan berbagai kebijakan, khususnya bidang penelitian, pengembangan pendidikan, dan pengabdian pada masyarakat, baik yang dilakukan dosen maupun mahasiswa, meningkatkan kemampuan SDM dosen baik kualitas maupun kuantitas dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, baik dengan dana berasal dari dana internal maupun eksternal, menerapkan dan mengembangkan teknologi, termasuk identifikasi, dan pengolahannya, merancang dan membangun model kerja sama dalam bidang pengabdian pada masyarakat baik dengan instansi pemerintah, swasta, perorangan maupun lembaga kemasyarakatan lainnya, dan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang kreatif, terpadu dan terarah berdasarkan kepada asas-asas pembangunan Nasional yang diharapkan dapat digunakan sebagai masukan dalam menyusun konsep strategi pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Tugas Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

  1. melaksanakan pembinaan dalam hal penelitian kepada dosen-dosen dan tenaga kependidikan agar sesuai dengan roadmap penelitian yang telah ditetapkan pada tingkat Program Studi, Fakultas dan Universitas.
  2. mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  3. mendorong, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, baik yang dilakukan oleh dosen secara individual maupun kelompok.
  4. membantu masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dan menawarkan pengabdian kepada komunitas lokal dan nasional.
  5. memfasilitasi dan mengkoordinasikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  6. ikut mengusahakan dan mengendalikan sumber daya (termasuk dana) yang diperlukan untuk kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.