Fakultas Sastra

picture1

Fakultas Sastra, Program Studi Sastra Inggris, Unika Widya Mandala Madiun berdiri sejak 1990 berdasarkan SK MenDikBud No. 0323/O/1990.
Penguasaan bahasa asing,dalam hal ini bahasa Inggris, adalah salah satu tantangan besar dalam era globalisasi. Unika Widya Mandala Madiun menjawab tantangan tersebut dengan didirikannya Fakultas Sastra Prodi Sastra Inggris. Sepanjang perjalanannya, Prodi Sastra Inggris telah meluluskan sarjana-sarjana Sastra yang handal dan berkemampuan sesuai harapan para pencari kerja. Hal ini terjadi karena Prodi Sastra Inggris menyediakan materi-materi kuliah yang bersifat akademis, aplikatif dan praktis guna mengantisipasi tuntutan pasar kerja yang semakin kompetitif. Prodi Sastra Inggris telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan SK. No. 018/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008.
Prodi Sastra Inggris Unika Widya Mandala Madiun membantu memfasilitasi para mahasiswa untuk menjadi ahli dalam bidang kebahasaan, khususnya bahasa Inggris baik secara teoritis maupun praktis. Para lulusan diharapkan menjadi profesional dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, jurnalistik, perhotelan, perbankan, penerjemahan, public relation, dan pariwisata. Lama pendidikan yang ditempuh adalah 7 sampai 8 semester; 3,5 sampai 4 tahun dengan 145 SKS.
Visi
Menjadi Fakultas yang PROFESIONAL dalam mengajarkan bahasa dan sastra, TANGGUH dalam mengembangkan ilmunya, dan HUMANIS dalam mengabdikannya bagi masyarakat.

Misi
Untuk merealisasikan visi tersebut Fakultas Sastra Universitas Katolik Widya Mandala Madiun mengemban misi sebagai berikut:

  1. melaksanakan pendidikan tinggi yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan sekaligus yang gayut dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja;
  2. membantu mahasiswa mengembangkan diri secara utuh, yakni terlibat meningkatkan hard skills dan soft-skillsnya;
  3. membantu mahasiswa meningkatkan kepeduliannya terhadap masyarakat lewat pemberian kuliah, bimbingan, dan penerjunan langsung ke masyarakat.