Psikologi

img-psi

 

Tanggal Berdiri : 06 Juni 2000

Email : psikologi@widyamandala.ac.id

Gelar Lulusan : S.Psi

Deskripsi
Fakultas Psikologi adalah Fakultas termuda di lingkungan Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, didirikan atas dasar Surat keputusan Dewan Pengurus Yayasan Widya Mandala Madiun No. 69/C/YWMM/VII/1999 yang ditetapkan di Madiun 1 Juli 1999. Selanjutnya, Fakultas ini mendapatkan status “Terdaftar”
berdasarkan Surat keputusan Dirjen Dikti No.176/DIKTI/Kep/2000 tertanggal 6 Juni 2000, telah mengajukan dan memperoleh perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi ke Dirjen Dikti dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 2525/D/T/2005 tertanggal 18 Juli 2005.
Dalam usianya yang relatif masih muda, Program Studi Psikologi senantiasa berbenah diri, mengembangkan diri, meningkatkan kualitas pelayanan, dengan mengikuti dinamika masyarakat. Sejalan dengan perkembangan tersebut, Program Studi Psikologi “Menyiapkan calon Sarjanan Psikologi yang berkemampuan handal sebagai ilmuan Psikologi yang memiliki kompetensi di bidang testing, training, dan konseling.”
Dalam rangka mewujudkan harapan tersebut, Program Studi Psikologi mengajak mahasiswa terampil di bidang akademik maupun non akademik. Kegiatan akademik berupa melibatkan mahasiswa di bidang administrasi tes psikologi, perancangan pelatihan, role play konseling. Kegiatan non akademik berupa melibatkan mahasiswa sebagai pemateri dalam acara bedah buku, forum diskusi, debat ilmiah, peserta seminar, penyelenggara seminar, narasumber dalam siaran radio, dan studi lapangan.

Visi
Sesuai dengan isi dan misi Unika Widya Mandala Madiun, Fakultas Psikologi mewujudkan pendidikan di program studi psikologi yang bersifat humanis-eksistensial.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang humanis melalui suasana akademik yang dialogis dan objektif dengan memadukan pengembangan kognisi, afeksi dan psikomotor.
  2. Melaksanakan penelitian yang dapat membantu individu dan masyarakat dalam upaya menyikapi perubahan zaman.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ke arah perilaku yang sehat secara mental

Prospek Karir Lulusan
  1. Staf atau manager di bidang sumber daya manusia
  2. (Human Resource Development/HRD)
  3. Staf konsultan di bidang psikologi
  4. Pengajar (Dosen)
  5. Konselor
  6. Asisten peneliti
  7. Perancang dan fasilitator pengembangan komunitas
  8. Fasilitator dan motivator dalam program pelatihan (Trainer)
  9. Administrator tes psikologi
  10. Pelaku usaha mandiri