KULIAH TAMU PRODI BIOLOGI DAN FARMASI D3 TAHUN AKADEMIK 2021/2022

 Program Studi Biologi dan Farmasi D3, bekerjasama untuk mengadakan kegiatan Kuliah Tamu. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 11 Februari 2022, pukul 13.00 – 15.00, dengan topik “Praktek Baik Pengendalian Mikrobia”.

Bertindak sebagai narasumber kuliah tamu ialah Tjajadi Purwoko, S.Si., M.Si. Sehari-hari beliau adalah dosen Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kuliah tamu dilaksanakan secara daring dan diikuti oleh 80 peserta dari program studi Biologi dan Farmasi Diploma 3.

Menurut  narasumber, ada 2 (dua) prosedur pengendalian mikrobia, yaitu prosedur sterilisasi dan prosedur asepsis. Prosedur sterilisasi adalah usaha peniadaan bentuk kehidupan. Usaha isi contohnya melalui pemanasan api (oven), radiasi UV, sinar gamma, atau dengan kemikalia dan lain-lain. Sedangkan prosedur Asepsis adalah usaha mencegah kontaminasi. Usaha asepsi bisa dilakukan dengan membersihkan ruangan dengan desinfektan dan lain-lainnya.

Untuk lebih lengkap bagi teman-teman yang membutuhkan rekaman kuliah tamu ini dapat unduh di: https://drive.google.com/file/d/1ZkI5fdO5qSsYzX__n4p5PJjrzWCTBR26/view?usp=sharing