October 24, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Lomba Menulis Opini – Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia

Lomba Menulis Opini yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia melalui online telah selesai. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kreativitas para siswa di masa pandemi dan kepedulian terhadap penggunaan Bahasa Indonesia dalam media public maupun dunia pendidikan.

Lomba Menulis Opini ini diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK dan sederajat dari Kalimantan, Surabaya, Malang, dan Madiun dan juara 1 diraih oleh Nicole Josepha dari SMAS Katolik Cor Jesu, Malang dengan judul opini “Berburu Mutiara Bahasa dalam Lautan Media Sosial”, sedangkan juara 2 diperoleh oleh Dwiyanti Rizky Adi Lestari dari SMA Negeri 5 Madiun dengan judul opini “Implementasi Bahasa Indonesia terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19” dan juara 3 diraih oleh Maulana Bryan Syahputra dari SMAN 16 Surabaya dengan judul opini “Penggunaan Bahasa Indonesia di Ruang Publik sebagai Sosialisasi Efektif Pencegahan Wabah Corona”. Kriteria yang digunakan dalam penilaian penulisan opini ini diantaranya adalah Kesesuaian dengan Tema, Tata Bahasa, Logika Bahasa, dan Kemenarikan tema yang diangkat.

Penyerahan hadiah dilakukan oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Ibu Agnes Adhani secara simbolik kepada juara 2 karena masa pandemi yang tidak memungkinan untuk dihadiri para pemenang dari luar kota. Para pemenang berhak mendapatkan sejumlah uang tunai, piagam penghargaan, buku kumpulan cerpen Kembang Turi Yu Srini dan Karya Terbaik akan dimuat pada Kolom Opini Kridha Rakyat Madiun edisi Oktober 2020.

Ardi Wina Saputra sebagai salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia menyatakan, besar harapannya untuk kembali menggelar acara seperti ini sehingga lebih banyak siswa menjadi percaya diri dalam bersaing dan menunjukkan ekspresi diri melalui tulisan, sekaligus meningkatkan budaya literasi pada masyarakat.