October 21, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Sinergi Prodi Bimbingan & Konseling WIMA Dalam Rapat Pembentukan POKMAS Oleh BAPAS Madiun

Dalam menjalankan kegiatan kerjasama Prodi BK Wima menjalin mitra dengan BAPAS Madiun. Salah satu agenda yang dilakukan dalam mewujudkan kerjasama ini adalah pelibatan dalam rapat pembentukan Pokmas pada hari Selasa, 12 Maret 2020 di BAPAS madiun.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kaprodi BK Wima Bapak Bernardus Widodo. Pokmas (Kelompok Masyarakat Peduli Pemasyarakatan) adalah organisasi yang diharapkan bisa menjadi mitra kerja dan wadah pemberdayaan masyarakat. Tujuan dibentuknya Pokmas antara lain adalah (1) Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencapaian tujuan sistem pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tdk mengulang kembali tindak pidana dan selanjutnya dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat menjadi warga yg baik dan bertanggungjawab, (2) optimalisasi pemberdayaan dan keterlibatan dalam penyelenggaraan Pemasyarakatan. Pokmas dibentuk oleh BAPAS memiliki sasaran pada 3 Kelompok binaan yaitu: pidana narkotika, pidana umum dan anak.

Jadi klien yang menjadi sasaran Pokmas dalam prokernya adalah klien
pemasyarakatan binaan BAPAS. Bisa juga keluarga/orang tua yang anaknya berada di bawah binaan BAPAS. Pendampingan yang dilakukan  untuk tujuan preventive dan self development.

Source: Bimbingan dan Konseling