Universitas Katolik Widya Mandala Madiun Jalin Kerjasama dengan Bapas Madiun

All News Berita

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun semakin mengembangkan sayap demi bersinergi bersama masyarakat sekitar. Salah satunya adalah penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Madiun. Penandatangan MoU bertepatan dengan upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan yang ke 55 (27/04/2019) di Lapas Klas 1 Madiun.

Ada beberapa poin yang perlu diperatikan dalam kerja sama ini. Namun secara keseluruhan Bapas Madiun bersedia bermitra bersama Universitas Katolik Widya Mandala Madiun dalam mengembangkan potensi warga binaanya. Bentuk kerja sama yang dilaksanakan secara umum adalah pengembangan sumber daya manusia warga binaan Bapas Madiun yang dibantu oleh akademisi dari Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Kerja sama ini merupakan wujud nyata bahwa Universitas Katolik Widya Mandala Madiun mampu menjadi agen perubahan dalam masyarakat, khususnya di wilayah Madiun dan sekitarnya. Penandatangan MoU dilakukan oleh Ibu Dra. Fransisca Mudjiati, M.M., Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Madiun dengan Bapak Ardius, selaku Kepala Bapas Madiun.

Akademisi yang tersebar dalam berbagai program studi yang dimiliki oleh Universitas Katolik Widya Mandala Madiun dapat berkonstribusi untuk mengembangkan warga binaan Bapas Madiun. Hal ini sesuai dengan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat. Latar belakang dari kerja sama ini adalah komunikasi yang dijalin oleh pihak Widya Mandala Madiun, Bapak Bernardus Widodo, M.Pd., dengan Bapak Djaka dari Bapas Madiun. Komunikasi yang dijalin secara intensif beberapa bulan sebelum proses penandatangan MoU itu menghasilkan simpulan bahwa Bapas Madiun memerlukan bantuan dari tenaga profesional khsusnya akademisi dalam mengembangkan warga binaanya. Di sisi lain Universitas Katolik Widya Mandala Madiun juga membuka diri pada masyarakat agar dapat melaksanakan tri dharama perguruan tinggi. Proses komunikasi berlangsung dengan baik hingga proses penandatangan MoU. Semoga penandatangan MoU ini menjadi awal baik kerja sama antara Universitas Katolik Widya Mandala Madiun dengan Bapas Madiun demi berkonstribusi memberikan yang terbaik bagi masyarakat Madiun. (Ardi)

Bagikan ke sosial media