“BERKEMBANG DALAM KOMUNITAS”

KEGIATAN DALAM RANGKA DIES NATALIS SWEET SEVENTEEN FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA MADIUN
Dalam rangka memeriahkan sweet seventeen ulang tahun ke-17, maka Fakultas Psikologi WIMA mempersembahkan dua kegiatan yang dilaksanakan dalam satu hari. Untuk kegiatan pagi dimulai jam 8.00-16.00 wib adalah workshop psikodrama bagi remaja sebagai sumbangsih dan pengabdian kepada masyarakat.

Sedangkan kegiatan sore hari dimulai jam 18.00-21.30wib diadakan kegiatan communities gathering dengan tujuan mempererat dan menambah relasi antara Fakultas Psikologi dengan beberapa Komunitas yang ada di Madiun dan sekitarnya sekaligus wadah untuk mempererat relasi antar komunitas melalui kegiatan Sharing antar Komunitas serta sebagai wadah untuk menunjukkan Eksistensi mereka.
1. WORKSHOP PSIKODRAMA
Workshop yang dipilih ini adalah workshop psikodrama dengan tema membangun karakter remaja. Sebagai pengisi acara workshop atau yang lebih dikenal dengan sebutan fasilitator ialah Retmono Adi, S.Psi., Psikolog seorang praktisi psikodrama, trainer, konselor, dan psikolog. Beliau adalah alumni Fakultas Psikologi UGM yang juga sebagai salah satu pengembang Psikodrama Indonesia.
Dasar pemikiran diadakannya kegiatan ini adalah kepedulian fakultas psikologi Wima terhadap remaja dan pentingnya untuk dapat mengembangkan karakter mereka. Kebetulan workshop psikodrama kali ini adalah yang kedua kali diadakan. Pertama kali diadakan 2 tahun yang lalu untuk guru dan masyarakat, maka pada kesempatan kedua ini fakultas psikologi yang dalam hal ini diwakili oleh panitia mempersembahkan tema ini bagi pelajar dan mahasiswa. Peserta yang hadir berjumlah sekitar 40 dengan prosentase terbanyak siswa sekolah menengah atas. Selain itu ada juga para pengajar dan mahasiswa.
Sungguh mengagumkan. Atas bimbingan dan pengarahan fasilitator, kesemua peserta terlibat secara total dalam psikodrama. Dari peserta yang sembunyi, menunduk, dan malu-malu kemudian menjadi berani untuk berekspresi, berperan,dan mengkomunikasikan diri di hadapan semua peserta hanya dalam waktu kurang lebih 8 jam. Saat memberi feedback, mereka sangat gembira dan memberi kesan positif terhadap kegiatan ini. Mereka merasa ada perubahan atas dirinya dan merasakan manfaat dari workshop ini secara langsung. Mereka merasa menjadi pribadi yang lebih sadar dan lebih baik. Beberapa diantaranya mengatakan menjadi lebih ceria, merasa lega, bisa melampiaskan emosi, merasa bisa, berani dan percaya diri, berani tampil beda, lebih mengenal diri sendiri, lebih terinspirasi untuk berani mewujudkan mimpi-mimpi. Mereka merasa mendapat ilmu baru yang bermanfaat untuk masa depan. Bahkan ada yang ingin mengikuti kegiatan ini lagi karena merasa terjadi proses ‘penyembuhan’ di dalam dirinya.
Psikodrama sendiri adalah suatu teknik psikoterapi/konseling kelompok. Psikodrama adalah ilmu yang mengeksplorasi suatu masalah dengan metode drama. Psikodrama biasanya digunakan sebagai terapi, yaitu agar peserta memperoleh pemahaman dan kesadaran yang lebih baik tentang dirinya, menemukan konsep diri, dan menyatakan reaksi terhadap tekanan-tekanan yang dialami. Dengan kata lain psikodrama adalah upaya pemecahan masalah melalui drama. Proses terapi psikologis atau intervensi dilakukan di dalam kelompok. Karena menurut J.L. Moreno, bermain drama tanpa naskah dapat berfungsi sebagai suatu bentuk katarsis. Jika tertarik atau berminat bisa menghubungi 085856274040 untuk chit chat.

2. COMMUNITY GATHERING
Gathering Komunitas diadakan di lapangan olahraga unika wima pada malam hari dari pukul 19.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Acara dibuka dengan Tari Kalimantan yang dibawakan oleh AUR Kuning dan juga UKM Musik. Gathering komunitas ini dihadiri oleh kurang lebih sembilan komunitas yang berada di Kota Madiun dari berbagai usia yakni Komunitas Pecinta Musang, YSS (Youth Social Support), Melingkar (Madiun Lingkup Karya), MEMC (Madiun Ecensial Music Community), Komunitas Hidroponik Madiun, KOPI AE, Komunitas Bersepeda dan Madiun History. Dari semua komunitas yang hadir, masing-masing dari mereka memperkenalkan tentang komunitasnya dan apa saja sih isi dan kegiatan dalam komunitas tersebut. Dari situ, semua yang hadir diharapkan mengenal berbagai macam komunitas yang berada di Madiun dan mampu belajar serta berkembang bersama komunitas seperti tema Dies Natalis Psikologi ke-17 tahun ini khususnya Mahasiswa Psikologi sendiri.