Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal

All News Berita

Sejumlah 102 peserta dari 7 Perguruan Tinggi di Madiun, Ponorogo, Kediri,dan Blitar pada tanggal 24 – 25 Agustus 2017 mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Internal, yang diadakan oleh Direktorat Penjaminan Mutu Dirjen Belmawa, Kementrian Ristek Dikti di Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Ketujuh Perguruan Tinggi tersebut adalah, Unika Widya Mandala Madiun, Politeknik Negeri Madiun, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar, Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan Universitas PGRI Madiun.

Acara dibuka oleh Rektor Unika Widya Mandala Madiun, Dra. Fransisca Mudjijanti, M.M. Pada sambutan pembukaan, Rektor Unika Widya Mandala Madiun menyampaikan terima kasih kepada Direktorat Penjaminan Mutu yang telah mempercayai unika Widya Mandla Madiun menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini. Harapan Ibu Rektor semoga kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi masing-masing Perguruan Tinggi untuk meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi masing-masing.

Kegiatan ini didampingi langsung oleh Tim Direktorat Penjaminan Mutu, dan dipandu oleh dua fasilitator yang yaitu Prof. Ir.Renanto, M.Sc., Ph.D. dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Dr. Ir. JP. Gentur Sutapa, M.Sc. dari Universitas Gajah Mada. Tema Bimtek kali ini adalah “Melalui SPMI Kita Tingkatkan Budaya Mutu yang Berkelanjutan”.

Kegiatan pada hari pertama peserta diberikan pengarahan oleh Tim Fasilitator tentang pentingnya Sistem Penjaminan Mutu Internal bagi Perguruan Tinggi, dan selanjutnya peserta diajak untuk sharing dan memaparkan kegiatan penjaminan mutu yang sudah dilaksanakan di Perguruan Tinggi masing-masing. Pada sharing tersebut peserta dari PT lain dapat bertanya dan memberikan masukan demikian juga dievaluasi dan diberikan masukan untuk perbaikan pelaksanaan penjaminan mutu oleh Tim Fasilitator. Berasarkan masukan dari fasilitator dan peserta, masing-masing peserta dari Perguruan Tinggi menyususn Rencana Tindak Lanjut (RTL) sebagai bentuk keseriusan PT untuk melaksanakan kegiatan penjaminan mutu yang lebih baik.

Pada hari kedua, peserta tiap PT mempresentasikan RTL nya dan dievaluasi serta diberikan masukan oleh tim fasilitator sebagai dasar memperbaiki RTL. RTL yang telah selesai disusun dan diperbaiki kemudian ditandatangani pimpinan PT dan pihak yang bertanggungjawab dan akan menjadi dokumen komitmen PT untuk mengimplementasikan kegiatan penjaminan mutu di masingi-masing PT.

Kegiatan yang dilaksanakan dua hari ini ditutup oleh Rektor Unika Widya Mandala Madiun, Dra. Fransisca Mudjijanti, M.M.  Ibu Rektor berpesan agar masing-masing peserta setelah kembali ke PT masing-masing dapat menjalankan rencananya (RTL) dengan dukungan dari pimpinan PT masing-masing. Demikian juga Tim Direktorat Penjaminan Mutu berpesan bahwa suatu saat  semua Perguruan Tinggi peserta Bimtek SPMI pada hari ini akan divisitasi untuk mengevaluasi pelaksananan RTL.

 

 

 

-Humas-

Bagikan ke sosial media