October 22, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Talkshow Sharing Pengalaman Studi USA Beasiswa CCIP

 

Acara talkshow ini merupakan serangkaian acara yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Widya Mandala Madiun pada 20 Mei 2017 yang dihadiri oleh narasumber yaitu Melita Oktanawati selaku penerima beasiswa CCIP Grantee 2016 – 2017, dan dipandu oleh Th. Liris Windyaningrum, S.T., M.T. selaku moderator talkshow. Acara ini ditujukan kepada semua mahasiswa Unika Widya Mandala Madiun dengan tujuan agar mahasiswa memiliki wawasan tentang bagaimana studi di luar negeri dan bagaimana cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Pada mulanya acara ini dimulai pukul 09.00 WIB sesuai dengan rencana awal sampai 09.30 registrasi peserta selesai. Ada beberapa kendala saat registrasi peserta yang menyebabkan panitia sedikit kebingungan antara lain, ketidaklengkapan data peserta yang terdaftar pada absensi registrasi awal. Hal ini disebabkan karena kurangnya ketelitian panitia saat membuat daftar registrasi sehingga ada data peserta yang lupa belum dimasukkan. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan mendata ulang peserta yang belum terdaftar pada absensi peserta.

Sambil menunggu acara dimulai panitia memutar beberapa lagu untuk mengusir kebosanan peserta. Acara dimulai dengan dibuka oleh Titus Kurniawan selaku MC acara talkshow. Suasana di auditorium Unika Widya Mandala Madiun menjadi resah gundah susah gerah dan basah. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa pembuka secara Kristen oleh saudari Ester Dessita Ratna Sari guna meminta kelancaran dan kesuksesan acara ini.

Setelah doa pembuka acara dilanjutkan dengan sambutan Bpk. Vinsensius Widdy Tri P. S.T., M.M. selaku KaProdi Teknik Industri. Dalam sambutan KaProdi menyampaikan ucapan terimakasih kepada narasumber karena telah menyempatkan waktunya untuk hadir memberikan motivasi kepada mahasiswa, KaProdi juga berpesan bahwa beasiswa tersebut sangatlah bagus bagi mahasiswa yang memiliki potensi. Tak lupa Kaprodi Teknik Industri juga berterima kasih kepada peserta talkshow yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Ucapan terima kasih juga diberikan civitas akademika yang telah mendukung acara yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Teknik Industri. Kemudian ucapan terima kasih juga diberikan untuk panitia yang telah mengupayakan semaksimal mungkin sehingga acara dapat terselenggara.

Kemudian MC mempersilakan narasumber dan moderator untuk mempersiapkan diri. Setelah narasumber dan moderator menduduki tempat yang sudah disediakan. Masuk ke dalam acara inti yaitu sharing studi oleh narasumber diawali dengan pembacaan biografi oleh moderator. Dan dilanjutkan dengan obrolan ringan antara moderator dengan narasumber. Setelah itu narasumber mulai menceritakan pengalaman – pengalamannya selama kuliah di luar negeri dan membahas sedikit tentang program beasiswa yang diikutinya, yaitu CCIP (Community College Initiative Program). Tidak sekedar bercerita saja, beliau juga menunjukkan beberapa video. Dalam video – video tersebut berisi tentang kegiatannya selama kuliah di USA, fasilitas yang didapatkan oleh penerima beasiswa CCIP dan juga kegiatan – kegiatan yang dilakukan para penerima beasiswa yang berupa kerja bakti serta menanam pohon. Diakhir sesi, terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta dan bagi peserta yang mengajukan pertanyaan mendapatkan merchandise langsung dari narasumber. Acara diakhiri dengan pesan – pesan dari narasumber serta foto bersama.


Source: Teknik Industri