October 22, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Kuliah Tamu Ergonomi oleh Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc.

Acara seminar kali ini mengusung tema Aplikasi Ergonomi dalam Berbagai Bidang Kerja yang diadakan Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Katolik Widya Mandala Madiun dihadiri oleh narasumber Ir. Sritomo Wignjosoebroto, M.Sc. pakar Ergonomi, dosen Teknik Industri ITS, peneliti dan penulis buku ajar tentang Ergonomika sekaligus dipandu oleh Ch. Dian Indrawati, S.T., M.T. selaku moderator seminar. Acara ini diikti oleh semua mahasiswa Teknik Industri dan dosen Teknik Industri, mahasiswa prodi lain, perguruan tinggi lain, perwakilan OSIS SMA di Madiun. Seminar ini memiliki tujuan supaya semua peserta bisa terbuka tentang pengaplikasian Ergonomi dalam berbagai bidang kerja.

Acara yang digelar pada 24 Mei  2017 pada mulanya peserta datang jam 08.00 WIB untuk melakukan registrasi. Semua berjalan lancar sesuai rundown yang telah terkonsep. Setelah selesai melakukan registrasi acara dibuka oleh Sdr. Titus Kurniawan selaku MC. Suasana berubah menjadi meriah dikarenakan MC membawakan acara dengan bersemangat namun tetap elegan dan formal. Setelah itu pembukaan oleh MC, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik serta Rektor. Berhubung ada suatu kepentingan, Rektor tidak bisa mengikuti acara hingga selesai.

Setelah Rektor meninggalkan auditorium dimulai acara inti. Dimulai dari narasumber menjelaskan apa itu ergonomi serta diberikan contoh nyata yang ada dalam auditorium dsb. Narasumber tidak hanya memberikan materi saja tetapi memutarkan 3 video yang berkaitan tentang   materi tersebut. Isi semua videonya tentang revolusi industri 1sampai dengan revolusi industri 4. Mulai dari revolusi industri 1 yang ditandai dengan peralihan tenaga manusia ke tenaga mesin yang menyebabkan banyak tenaga kerja yag kehilangan pekerjaan karena dampak dari revolusi industri dimasa itu. Revolusi industri 2 mulai ditemukan listrik untuk meningkatkan produksi masal. Pada tahun 1970 mulai ditemukan PLC yang memulai era baru revolusi industri 3 dengan sistem otomasi yang semakin memudahkan pekerjaan


Source: Teknik Industri