October 22, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Pelatihan Keselamatan Kesehatan Kerja

Dalam rangka pelaksanaan program hibah Dikti Iptek bagi Masyarakat (IbM) yang diraih oleh Tim dari Program Studi Teknik Industri atas nama Ir. SYafir Syafar, MT dan Petrus Murdopo, ST., M. Eng. tentang Pelatihan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3).
IMG_3409_resize
Minggu, 24 April 2016 dilaksanakan pelatihan K3 di kampus Unika Widya Mandala Madiun mulai pukul 08.00-12.00. Peserta yang mengikuti berjumlah 20 orang terdiri dari karyawan Bengkel Las Besi dan Alumumnium. Pelatihan dibuka oleh Bapak Anang Setiyo Waloyo, ST., MT. selaku Dekan Fakultas Teknik. Pada Sesi I membahas tentang Alat Pelindung Diri (APD) yang dibawakan oleh Ir. Syafril Syafar, MT. Sesi II membahas tentang Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) oleh Bapak Petrus Murdopo, ST., M. Eng. dan sesi III Pengolahan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun oleh Bapak Drs. Suharyoko, Senior Manager Metal Working Devisi Fabrikasi PT INKA Madiun.
IMG_3565_resize
Melalui pelatihan ini para peserta diberi pemahaman tentang pentingnya akan penggunaan alat-alat pelingdung diri untuk keselamatan kerja serta bahaya-bahaya yang bisa menimpa bila mengabaikan alat pelindung diri yang selama ini mereka lakukan setiap hari dalam proses pengelasan listrik. Peserta juga diperkenalkan berbagai macam alat pelindung diri dalam bekerja khususnya dalam proses pengelasan.
Pada Sesi terakhir peserta diajak untuk memahami bahaya yang ditimbulkan dari limbah industri pengelasan bila tidak diolah dengan baik dan benar. Pada kesempatan ini perkenalkan dengan teknologi pengolahan limbah Bio Filter untuk mengolah limbah di tempat mereka bekerja.