0 2 min 8 yrs

Pada Jumat-Minggu, 11–13 Maret 2016, Fakultas Psikologi Widya Mandala Madiun menyelenggarakan live-in bagi mahasiswa Fakultas Psikologi, bertempat di Dusun Dolog, Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Program ini sudah dilaksanakan sebanyak dua kali, dan kali ini diikuti oleh 55 mahasiswa. Live-in di buka oleh B. Dhaniswara W., M.Si. selaku Dekan Fakultas Psikologi, dan diterima oleh Kamituwo Dusun Dolog.

Sasaran program panitia live-in tahun ini adalah anak-anak. Ini berdasarkan hasil temuan pada live-in sebelumnya, yaitu jumlah anak-anak di Dudun Dolog cukup banyak sehingga panitia live-in tahun ini membuat program pendampingan belajar untuk anak-anak menggunakan metode loji, dimana anak-anak diajak untuk belajar langsung dari lingkungan alam disekitar tempat tinggal mereka, dan hasil belajar tersebut dapat diterapkan dalam bidang akademik maupun kehidupan sehari-hari.
Program live-in bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengembangkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, kritis terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, dan mampu menjadi problem solver atau mampu memberikan alternatif pemecahan masalah terhadap persoalan yang ada di masyarakat terutama persoalan-persoalan yang ditemui pada saat live-in. Sehingga pada saat mahasiswa lulus, dan kembali ke tengah-tengah masyarakat, mahasiswa mampu bersikap peduli, kritis, dan tanggap dalam mengatasi berbagai persoalan yang ada di masyarakat.
Bagi masyarakat di Dusun Dolog, keberadaan mahasiswa pada saat live-in memberikan warna tersendiri bagi kehidupan mereka. Karena pada saat itu terjadi pertukaran informasi yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Sehingga meskipun berlangsung singkat namun live-in memberikan kesan mendalam, baik bagi mahasiswa, dosen, maupun masyarakat yang terlibat di dalamnya. Semoga kegiatan serupa dapat berlanjut dikemudian hari, dengan program-program yang lebih menantang bagi mahasiswa sehingga bermanfaat bagi semua pihak.(Ganik) (foto)