Seminar Nasional Fakultas Ekonomi 2015

All News Berita Media Info

Universitas Katolik Widya Mandala Madiun melalui Fakultas Ekonomi bekerjasama dengan Penerbit Erlangga cabang Madiun untuk menyelenggarakan seminar nasional sehari yang bertemakan “Membongkar Mafia Migas di Indonesia” dengan menghadirkan Dr. Faisal Basri, MA., seorang pakar dan ekonom yang merupakan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas Indonesia saat ini.

Adapun kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Mengingat kondisi ekonomi negara kita yang belum sepenuhnya stabil dan ditambah permasalahan yang semakin hari semakin kompleks dan salah satunya adalah yang berkaitan dengan permasalahan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Gas yang sering muncul di masyarakat kita. Maka pemahaman dan pendidikan terkait fenomena dan masalah tersebut perlu diangkat dan disosialisasikan kepada masyarakat melalui sebuah seminar dengan menghadirkan nara sumber yang berkompeten di bidang terkait.

Selain itu seminar seperti ini belum pernah diselanggarakan di Kota Madiun dan ini merupakan pertama kali diadakan dan peluang bagi kita semua untuk berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan tersebut.

Harga BBM yang berfluktuasi mengusik masyarakat untuk lebih mengetahui seluk beluk pengadaan BBM di negeri ini. Berbagai informasi dibahas sampai dengan membahas keberadaan mafia migas. Siapa mafia migas yang sebenarnya? Pertanyaan ini sangat menarik perhatian bagi masyarakat, karena migas merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia. Mafia Migas adalah pemburu rente yang memiliki kedekatan dan pengaruh terhadap para pejabat tinggi pengambil keputusan yang berdampak pada tidak optimalnya produksi migas, inefisiensi, dan ekonomi biaya tinggi pada penyediaan BBM serta mata rantai supply gas. Mafia migas telah mempengaruhi kebijakan, dan telah masuk ke segala lini, tidak hanya minyak, tetapi juga gas.

Perguruan tinggi merasakan penting untuk menyelanggarakan seminar seperti ini untuk menambah pemahaman dan pengetahuan khususnya para akademisi, mahasiswa dan praktisi serta masyarakat umumnya untuk mendapat informasi yang bermanfaat.

Maksud dan Tujuan

Seminar tersebut dimaksudkan untuk:

  1. Membahas persoalan mafia migas yang terjadi di Indonesia.
  2. Membahas bagaimana kondisi ekonomi Indonesia dengan penegakan hukum Indonesia, sistem hukum dan upaya yang ada, sertastrategi untuk memperkecil ruang lingkup mafia migas di Indonesia.
  3. Berdiskusi tentang masalah ekonomi Indonesia.
Bagikan ke sosial media