October 28, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

Olimpiade Matematika dan Seminar Nasional

Pada Sabtu, 21 Februari 2015 telah disenlenggarakan Olimpide Matematika tingkat SD, SMP, SMA se ekskaresidenan Madiun dan seminar nasional untuk guru-guru bidang studi matematika, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswiwa Pendidikan Matematika Universitas Katolik Widya Mandala Madiun.

Tujuan kegiatan olimpiade ini adalah meningkatkan kemampuan, keahlian, dan pemahaman para siswa dalam mengerjakan soal-soal olimpiade matematikaserta untuk membantu para siswa untuk meningkatkan potensi dan kreatifitas siswa dalam bidang matematika.

Jumlah peserta yang hadir 174 siswa, terdiri dari 76 siswa SD kelas 3-4, 62 siswa SD kelas 5-6, 32 siswa SMP, dan 4 Siswa SMA. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dikbudmudora) Kota Madiun.

Olimpiade ini memperebutkan lima piala kejuaran untuk setiap kategorinya, dan tiga piala bergilir Rektor. Piala bergilir tingkat SD di menangkan oleh MIN Demangan dan Piala bergilir Rektor tingkat SMP dimenangkan oleh SMPN 1 Madiun, sedangkan untuk tingkat SMA tidak ada yang memperoleh karena jumlah peserta yang tidak memenuhi.

Pada saat yang sama juga diselenggarakan Seminar bagi guru-guru bidang studi matematika dengan tema “Pembelajaran Matematika dengan pendekatan saintiffik” dengan nara sumber Bapak Slamet Hariyadi, M.Pd. selaku Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Tingkat TK dan SD Dinas Dikbudmudora Kota Madiun dan Bapak Dr. M. Andy Rudito, S. Pd. dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.