October 21, 2020

UKWMS

Kampus Kota Madiun

RETRET ENNEAGRAM DOSEN UNIKA WIDYA MANDALA MADIUN

Enneagram adalah salah satu cara pengenalan tipe kepribadian yang bisa dipakai untuk mengenali diri, sehingga jati diri dikenali dan diterima sebagai karunia Allah. Jati diri kita yang secitra dengan Allah pada dasarnya adalah sehat, positif, suci, dan mulia. Namun karena sikap kedagingan manusia, sisi negatiflah yang tampak dan menonjol. Menurut enneagram, tipe karakter manusia dibedakan menjadi sembilan, yaitu (1) pembaharu, (2) penolong, (3) penggerak, (4) pencinta keindahan, (5) pemikir, (6) setiawan, (7) penikmat, (8) penantang, dan (9) pendamai.

Untuk pengenalan diri mencapai kejatian diri, dosen Unika Widya Mandala Madiun mengikuti retret enneagram di rumah retret Panti Hening Chatarina Pohsarang pada Rabu-Kamis, 24-25 Juli 2013 dibina oleh Romo Wolfgang Kastowo, S.J. didampingi Bapak Ispriyanto, Bapak Suhardi, Suster Veronika Alma, Ibu Sianne, dan Ibu Lusiani.

Acara retret berlangsung dengan semarak, karena setiap mengupas karakter kepribadian diawali dengan lagu-lagu enneagram yang dipandu Bapak Suhardi dan diiringi keyboard oleh Saudara Johan.

Dalam pergaulan akrab, perhatian dan gerak hati, doa dan peneguhan lewat kitab suci dengan saran-saran pertumbuhan, serta mengembangkan kerendahan hati diharapkan dosen Unika Widya Mandala Madiun semakin menjadi dirinya sendiri, menerima kelemahan dan mengolahnya dengan bantuan Allah sehingga berkembang menjadi pribadi yang sehat, positif, dan secitra dengan Allah: sehat, positif, suci, dan mulia.